Program Sosial dan Lingkungan

Salah satu dampak negatif dari aktivitas wisata yang tak ramah lingkungan adalah ancaman kerusakan lingkungan bagi karang-karang dan biota laut. Salah satu aktivitas yang dapat merusak itu antara lain kegiatan melempar sauh (jangkar) yang dilakukan kapal-kapal nelayan saat tengah bersnorkeling. Biasanya aktivitas ini dilakukan di area sekitar gudus, wilayah pembatas antara laut dangkal dan laut dalam. Biasanya wilayah ini tempat hidup terumbu-terumbu karang yang menjadi daya tarik bagi mereka yang bersnorkeling.

Sauh yang dilempar ke dasar laut di sekitar gudus ini, kemungkinan besar nyangkut di batu-batu karang, dan kadang memang disengaja supaya jangkar tertahan di batu karang sebagai pegangan. Tak menutup kemungkinan, jangkar yang dilepas tertambat di koral-koral kecil yang mudah rusak. Kerusakan karang juga bisa terjadi saat jangkar ditarik ke permukaan.

Bayangkan jika aktivitas semacam ini dilakukan lebih dari 50 kapal setiap weekend-nya. Berapa banyak karang yang rusak. Padahal karang-karang inilah yang justru menjadi daya tarik bersnorkeling di Kepulauan Seribu. Jika karang-karang rusak, sekian jenis ikan kehilangan rumah mereka untuk bertelur.

Jika masalah ini tak segera ditangani, ancaman kerusakan semakin berada di ambang mata. Memahami masalah inilah, Island Adventure mencoba melakukan inisiasi membuat program batu kubus yang ditanam dilaut di titik-titik strategis yang biasa menjadi spot-spot snorkeling. Di batu kubus ini diikat tali yang ujung satunya yang ada di permukaan laut diberi pelampung sebagai tanda sekaligus tempat tali penambat kapal-kapal nelayan saat melakjkan aktivitas snorkeling. Dengan begitu kapal-kapal nelayan tak perlu melempar jangkar ke dasar laut. Cukup mengikatkan tali di tempat yang disediakan. Cara ini dirasa langkah alternatif meminimalisir kerusakan lingkungan.

Dalam program awal, Island Adventure membuat enam titik strategis untuk spot-spot snorkeling di lingkungan Pulau Payung, Kepulauan Seribu. Kegiatan yang dilakukan sejak Juli 2010 ini terlaksana atas kerjasama IA, nelayan setempat, dan tentu saja sumbangsih para sahabat IA yang telah menggunakan jasa travel ini. Sebab dari biaya yang mereka keluarkan, kami mengalokasikan sebagiannya untuk kegiatan ini. IA juga terus menginisiasi kegiatan transplantasi karang yang akan ditanam di sekitar area gudus agar bisa merehabilitasi koral dan karang-karang yang rusak

Mari galakan aktivitas wisata ramah lingkungan. Kepedulian anda masa depan kelestarian lingkungan Pulau Seribu.

Bagi anda yang tertarik terlibat dalam kegiatan peduli lingkungan ini sila menghubungi kami :

Alamat:
Jalan Masjid Nurul Huda 01/02 No. 10 Pulau Tidung
Kep. Seribu Selatan Kabupaten Kepulauan Seribu
DKI Jakarta, Indonesia
Hotline:
021 71551214
0812 10311722
0815 8722015
email: info@iawisata.com
island_adv@yahoo.com [fb]
www.iawisata.com

Saran, pertanyaan, pengaduan atau keberatan, harap disampaikan melalui email: island_adv@yahoo.com / info@iawisata.com
home | contact us | sitemap | rss | Custom and Design: paradesain.net