Pelabuhan Muara Angke Mulai Dioperasikan

Meski pembangunan Pelabuhan Muara Angke di Penjaringan, Jakarta Utara belum rampung mencapai 100 persen, namun Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, mulai hari ini, Kamis (22/12), telah mengoperasikan seluruh kapal angkutan penumpang menuju Pulau Seribu maupun kapal-kapal operasional milik Pemprov DKI Jakarta. Dengan demikian, kapal-kapal itu, kini tak lagi bersandar di Dermaga Pantai Marina Ancol.

Kepala Dishub DKI Jakarta, Udar Pristono mengatakan, mulai hari ini, pihaknya melakukan soft launching dengan memindahkan seluruh kapal milik Pemprov DKI Jakarta seperti kapal milik Dishub, Satpol PP DKI Jakarta serta kapal penumpang seperti, KM Lumba-lumba dan KM Kerapu dari Dermaga Pantai Marina Ancol ke Pelabuhan Muara Angke. “Jadi, seluruh kapal milik Pemprov DKI Jakarta ke Pulau Seribu kini bersandar di Pelabuhan Muara Angke,” ujar Pristono, usai menghadiri soft launching Pelabuhan Muara Angke, Kamis (22/12).

Saat uji coba tersebut, dua kapal penumpang yakni, KM Lumba-lumba dan KM Kerapu telah melayani penumpang menuju Pulau Seribu. Hingga pukul 12.00 tercatat sebanyak 15 penumpang menumpang KM Kerapu dengan tujuan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.

Diungkapkan Pristono, Pelabuhan Muara Angke merupakan pelabuhan modern yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta. Sebab, segala sarana maupun fasilitas modern turut mendukung keberadaan pelabuhan ini. Diantaranya, fasilitas ruang loket yang nyaman, kolam dermaga, pemecah ombak, kantor pelabuhan, ruang tunggu penumpang, boarding pass layakanya seperti di bandara, lahan parkir kapal dan lain sebagainya.

Pelabuhan Muara Angke yang dibangun sejak tahun 2004, memiliki luas sekitar 3,4 hektar persegi dengan memiliki daya tampung sebanyak 50 kapal. Selain itu, pemecah ombak pun telah berdiri sepanjang 1,4 kilometer. Biaya untuk membangun pelabuhan ini menelan biaya sekitar Rp 130 miliar. “Tanggal 5 Januari 2012 pelabuhan Muara Angke akan diresmikan Gubernur Fauzi Bowo,” katanya.

Tidak hanya itu, ditambahkan Pristono, pihaknya juga akan membuka peluang bagi kapal-kapal wisata yang hendak bersandar di Pelabuhan Muara Angke asalkan kapal tersebut memiliki dokumen atau surat izin kapal seperti, sertifikat layak jalan dari Dirjen Perhubungan Laut.

Kepala Bidang Transportasi Laut dan Udara Dishub DKI Jakarta, Turipno menambagkan, pihaknya juga akan membangun terminal terpadu di sekitar Pelabuhan Muara Angke serta akses jalan yang langsung menuju jalan utama Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Muara Angke sepanjang 600 meter. “Kawasan sekitar pelabuhan juga sudah disterilkan sejak 10 Desember lalu. Hingga kini masih terdapat bangunan liar milik warga yang berdiri di jalan inspeksi yang segera ditertibkan. Nantinya, mereka harus kembali ke perkampungan nelayan, karena wilayah ini memang harus steril,” katanya.

Adapun lintasan kapal penyeberangan di Pelabuhan Muara Angke, yaitu dengan menggunakan KM Lumba-lumba pada Trip 1 pukul 08.00, melayani Muara Angke-Pulau Untung Jawa-Pulau Pramuka-Pulau Tidung (PP). Lalu, lintasan 2 melayani Muara Angke-Pulau Untung Jawa-Pulau Tidung (PP).

Sedangkan untuk KM Kerapu Trip 1 pukul 07.00 melayani, Muara Angke-Pulau Untung Jawa-Pulau Pari-Pulau Pramuka-Pulau Kelapa (PP). Lalu, Lintasan 2 melayani Muara Angke-Pulau Untung Jawa-Pulau Lancang-Pulau Payung-Pulau Tidung (PP). Lintasan 3, Muara Angke-Pulau Untung Jawa-Pulau Lancang-Pulau Payung-Pulau Payung-Pulau Tidung (PP). Lintasan 4, Muara Angke-Pulau Untung Jawa-Pulau Lancang-Pulau Pari-Pulau Pramuka (PP).

 

Sumber: http://www.beritajakarta.com|Kamis, 22 Desember 2011


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita | Trackback URI


9 Responses to “Pelabuhan Muara Angke Mulai Dioperasikan”

  1. Kurnia says:

    Tp d’ancol msh ad kn kapal b’subsidi dr pemprov..
    Mohon inponya

    • iadmin says:

      Kapal bersubsidi yang dulu di dermaga 21 Ancol sudah pindah ke Kali Adem mba. Lokasi di Muara Angke juga.

  2. Setyo says:

    Saya mau ke pulau sepa, apakah bisa berangkat dari muara Angke?
    Klo bs brp tarif di weekend dan brp lama perjalanan?
    Serta Keberangkatan jam brp?

  3. benny says:

    kalo brangkat ke pulau tidung, apa lwt pelbuahn yg baru ini? brp tarif tgl 17 agustus. ada penginapan utk mobil ga? kondisi aman? brp tarif nya?

    maaf bayak nanya.
    makasih yah..

  4. Sari says:

    Kalau utk tgl 4 january beropearasi atau tidak? Karena kemarin saya sudah ke sana tgl 1 tidak beroperasi. Apakah ada no telpon yg bisa dihubungi untuk memastikan, karena kami sudah jauh-jauh jadi batal

Isi Komentar

Saran, pertanyaan, pengaduan atau keberatan, harap disampaikan melalui email: island_adv@yahoo.com / info@iawisata.com
home | contact us | sitemap | rss | Custom and Design: paradesain.net